Tempat Destinasi Wisata Terbaik di Kuba

Kuba merupakan sebuah negara kecil yang letaknya berada di Karibia Utara, yang secara geografisnya negara ini mempertemukan antara Laut Karibia, Teluk Meksiko, dan juga Samudera Atlantik. Dan karena lokasinya yang strategis, membuat Kuba menjadi salah satu negara yang berdekatan dengan beberapa wilayah, contohnya : Florida (Amerika Serikat), Bahama, Haiti, dan Meksiko (bagian Timur). Sebagai ibu kota negara, Havana bisa dianggap sebagai kota terbesar dan sumber modal bagi negara. Selain Havana, ada juga kota besar lainnya yang cukup terkenal, yakni Santiago de Cuba dan Camagüey. Pada tahun 2014, jumlah populasi di Kuba mencapai angka 11.238.317 jiwa. Komoditas ekspor terbesar yang ada di Kuba ialah cerutu. Kualitas dari cerutu di negara ini sangat tinggi dan telah diakui sampai ke negara-negara pengimpor cerutu hasil buatan Kuba.

Mengingat pada sejarahnya, bahwa Amnesti Internasional dan Human Rights Watch juga pernah mengklaim bahwa dahulu di negara tersebut hak asasi warga negaranya sangatlah rendah, bahkan tidak hanya itu. Pada saat itu di Kuba juga sering terjadi diskriminatif terhadap kaum buruh dan kesenjangan dalam kebebasan pers. Berangkat dari kesalahan di masa lalu, kini Kuba bangkit menjadi negara yang bisa dikatakan bagus untuk menjadi tempat wisata. Pada tahun 2019 saja, negara tersebut mencatatkan bahwa telah terjadi kenaikan angka di sektor pariwisatanya, yakni mencapai 32 juta turis dari mancanegara yang mengunjungi negara “Isla de la Juventud” tersebut. Yuk, kita sama-sama melihat potensi wisata apa saja sih yang dimiliki oleh negara Kuba tersebut ?

1. Old Havana (Havana Vieja)

Havana yang merupakan ibu kota negara dari Kuba dan merupakan kota terbesar yang ada di negara itu, tidak heran jika di Havana memiliki segudang destinasi wisata khususnya bagi para turis asing.  Havana telah berubah menjadi ‘pusatnya’ Kuba, karena di kota inilah semua tempat berada, mulai dari kantor pemerintahan, situs sejarah & budaya, lembaga pendidikan, bahkan sampai nilai-nilai sosial yang berasal dari penduduk Kuba pun semuanya berada di Kota Havana.

Dijuluki sebagai Old Havana, karena memang di sana juga terdapat banyak gedung-gedung tua yang menyajikan keindahan seni arsitektur dengan desain klasik khas Eropa. Beberapa contoh diantaranya, yakni : Melecon of Havana, Cathedral Square, The Capitol, dan juga Museum of the Revolution.

Selain itu, saat menuju ke kota tua, kita akan disuguhkan oleh Plaza Vieja, yang merupakan salah satu spot terfavorit dan teramai di Havana. Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan sunset, maka tempat wisata seperti Hotel Nacional de Cuba bisa menjadi pilihan alternatif bagi anda. Sebab, di tempat ini anda bisa menikmati sunset secara gratis tanpa harus membayar ataupun menginap di hotel ini. Sehingga hanya cukup menyaksikan keindahan matahari tenggelam hanya dari bagian gedung maupun dari taman yang berada di sekitar area hotel.

2. The Vinales Valley

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda pecinta alam yang masih asri dan berwarna serba hijau. Lembah yang kini menjadi ikon negara Kuba ini awalnya hanya merupakan lahan yang biasa digunakan untuk kegiatan pertanian. Yang menjadi daya tarik dari para wisatawan adalah objek reservasi alam yang bagus, terlebih lagi setelah adanya penghargaan dari UNESCO yang menjadikan Lembah Vinales ini menjadi salah satu situs warisan dunia yang berada di negara Kuba.

Lembah yang berlokasi di Sierra de los Organos atau di sebelah utara Pinar del Rio, ini memiliki topografi batuan kapur yang terbilang cukup curam (mogotes), dan bentuknya yang seakan memotong lembah membuat pemandangan menjadi semakin indah dan mempesona. Dan bagi anda yang menyukai produk cerutu, maka disinilah tempatnya anda bisa melihat dan belajar langsung dalam proses pembuatan cerutu yang berkualitas tinggi ini. Mulai dari proses penanaman hingga memanen semua hasil cerutu di lahan, anda bisa mengamatinya di sini. Di lembah Valley, selain ada lahan pertanian cerutu, juga ada buah dan sayuran yang cukup baik kualitasnya. Tenang saja, untuk para pecinta alam, banyak penduduk sini yang menawarkan kegiatan hiking ataupun berkuda di area perbukitan.

3. Trinidad

Selain Vinales Valley, yang telah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO adalah kota Trinidad. Kota yang memiliki arsitektur bernuansa kolonial ini juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata terbaik selama berada di Kuba, selain kota Havana. Di sini anda bisa menikmati pemandangan di alun-alun pusat kota “Plaza Mayor”. Selama berada di alun-alun anda juga bisa mengunjungi Gereja yang bernama Iglesia Parroquial de la Santisima Trinidad yang letaknya tepat di pusat alun-alun itu berada. Atau bisa juga mengunjungi Gereja Iglesia y Convento de San Francisco yang memiliki menara lonceng sebagai daya tariknya. Salah satu museum yang terkenal di Trinidad ialah Museo de Arquitectura Colonial.

Sejarahnya, Trinidad dulunya merupakan tempat para pedagang gula dan budak berkumpul dan membangun rumah-rumah mereka di dekat Plaza Mayor, karena sejarah uniknya tersebut, hingga kini Trinidad di jadikan sebagai sebuah art gallery ataupun meseum.

4. El Malecon

Selanjutnya, ada El Malecon. Tempat yang merupakan pembatas antara kota Havana dan Laut Karibia ini memiliki daya tarik pada tembok tua yang terbentang luas di sepanjang jalanan di kota. Dibangun pada tahun 1901-1903, tentunya bisa menjadikan El Malecon ini sebagai salah satu tempat yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh warga lokal maupun para turis asing. Jika ingin menikmati pemandangan di El Malecon, anda bisa menyusuri jalan sepanjang 7 kilometer dari Havana Vieja menuju ke Vedado (distrik bisnis pusat). Sebagai pemandangannya, anda akan disuguhkan banyaknya bangunan bergaya arsitektur Art Deco dan Neo Moorish yang dibangun pada abad ke-20.

5. Varadevo

Wilayah Varadevo ini sangat terkenal dengan pemandangan pasir putihnya yang terbentang sepanjang 12 mil. Bukan hanya itu saja, di sana juga merupakan surganya hotel berbintang lima yang elit, dan memiliki fasilitas mewah seperti adanya lapangan untuk bermain golf.

Jika anda merupakan pecinta laut, maka destinasi Varadevo akan sangat cocok bagi anda. Varadevo adalah pantai yang paling terkenal di negara Kuba dan Karibia. Lokasinya yang membentang luas di sepanjang Semenanjung de Hicacos ini memiliki lebih dari 50 hotel terbaik di jalur berbukit dengan pemandangan pohon palem di sekitarnya. Yang menjadikan pantai ini menjadi terkenal yaitu pasir putihnya. Objek yang paling terkenal di sana ialah Parque Natural Punta Hicacos, salah satu cagar alam yang memiliki area pantai indah dengan dua gua yang berada di dekatnya.

Selain terkenal akan keindahan pantainya, di Varadevo juga terdapat resort terkenal yang dilengkapi oleh taman bunga, kolam renang, restoran, dan danau kecil (untuk kegiatan mendayung). Dan jika pergi ke arah timur laut Varadevo, maka pengunjung akan dibuat takjub oleh keberadaan Cayo Piedra Underwater Park, yang bisa menjadi tempat menyelam, memancing, diving, dan snorkeling.